Yamaha Music School (Nuansa Musik)

Image
kelas musiknya eiger 🙂

Sewaktu Eiger dalam kandungan, selain rajin mengaji (Baca Al-qur’an) saya juga senang sekali mendengarkan berbagai macam irama musik, mulai dari musik klasik hingga dangdut :). Setelah eiger lahir saya kerap menemukan artikel dari berbagai website parenting bahwa musik bagus untuk mendukung perkembangan otak anak.

Kemudian saya coba googling dengan kata kunci “Musik Untuk Perkembangan Otak Anak” dan memang banyak teori yang mendukung. Salah Satunya dari kompas.com yang menuliskan seperti ini : Banyak cara untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak, salah satunya adalah dengan belajar musik sebelum anak berusia 7 tahun.

Dengan banyaknya tulisan yang mendukung serta pengamatan saya terhadap perkembangan perilaku dan nalar berpikirnya Eiger yang saya rasakan cepat sekali mencerna sesuatu bila dihantarkan dengan musik, lagu maupun nyanyian, maka saya memutuskan untuk mencari sekolah musik untuk anak balita.

Dari hasil googling saya dengan kata kunci “sekolah musik anak” ternyata yg di dapatkan adalah yamaha music indonesia menempati urutan pertama dalam list. Setelah saya klik http://yamahamusicindonesia.com/ saya tertarik dengan program Music Fantasy untuk anak usia 2 tahun.

Eiger lahir di bulan agustus, agak susah mencari sekolah yg ketika masuk pas dengan usianya. Sempat cari sekolah balita untuk 2 tahun yg dekat dengan rumah, namun karena selisih usia 2 minggu-1bulan dari tahun ajaran baru mereka, maka eiger pun tidak bisa masuk.

Sambil mencari sekolah paud maka saya putuskan untuk mendaftar di Yamaha Music School ini. Kebetulan saya tinggal di jakarta utara, untuk Yamaha Music School yg membuka program kelas dari usia 2 tahun ada di dua cabang, yakni di Mall Artha Gading dan di Kelapa Gading Boulevard (tidak jauh dari LIA-Kelapa Gading).

Ini Adalah foto-foto ketika eiger baru masuk bulan ke-2 di YMS/Nuansa Musik sekitar bulan september 2013. Awal-awal eiger sangat excited sekali walaupun masi malu-malu di kelas (maklumlah namanya juga belum kenal).

Dari kelas musik ini terlihat banyak sekali kemajuan yang di dapat hingga kini Eiger berusia 2 tahun 9 bulan pada bulan Mei 2014. Dari kelas musik yang terakhir minggu lalu akhir april 2014, eiger sudah mau berpasangan menari bergandengan bersama teman. Sekarang dia di rumah rajin menyanyi, senang sekali dance padahal untuk ukuran anak cowok seperti eiger rasanya “hil yang mustahal” hahaha.

Untuk Mommies yang bertanya-tanya kira-kira anak usia 2 tahun belajar apa sih soal musik?

Apa yang dipelajari di kursus “Music Fantasy”?

Di “Music Fantasy” anak-anak akan memiliki berbagai pengalaman musikal seperti kegiatan mendengarkan, bernyanyi dan berirama di dalam pelajaran kelas, anak-anak akan mengembangkan suatu pendekatan tentang bagaimana cara ” Mendengarkan ” musik dalam diri mereka. ” Dimana “Berkonsentrasi dalam mendengarkan musik” akan menjadi salah satu dasar yang penting untuk dapat tertarik dan menikmati musik di masa depan.

I Love Singing

Anak-anak akan menikmati kegiatan bernyanyi bersama dengan orang tuanya. Mereka akan memperoleh kegembiraan dalam menyanyikan berbagai jenis lagu : misal lagu-lagu dengan ekspresi yang indah dan lucu, dengan emosi yang dalam, bermain dengan tangan dan lirik lagu.

Joyful Rhythm

Anak-anak bebas berekspresi lewat seluruh tubuhnya dalam merasakan irama lagu. Dengan memainkan berbagai jenis instrument perkusi, mereka akan memperoleh pengalaman tentang berbagai karakteristik irama lagu dan dapat merasakannya sendiri.

Musical Fantasy

Anak-anak akan mendengarkan musik sambil memperluas imajinasi mereka dengan berbagai cerita dan ilustrasi di buku. Mereka akan mengembangkan kepekaan kreatif mereka melalui kombinasi antara cerita, gambar dan musik.

Joyful Listening

Dengan mendengarkan berbagai jenis musik, orang tua dan anak-anak akan mengekspresikan apa yang mereka rasakan dengan menggunakan gerakan tubuh. Kami mengenalkan suatu pendekatan tentang bagaimana berkonsentrasi dalam mendengarkan musik.

Teacher’s Recital

Di dalam setiap pelajaran di kelas, guru akan memainkan piano atau electone untuk anak-anak dan orang tua. Dalam atmosfir kelas yang indah ini kami mengenalkan anak-anak suatu pendekatan tentang bagaimana cara mendengarkan musik.

Setelah tamat akan step-up ke “Music Wonderland”.

Melalui pengalaman-pengalaman yang dimiliki anak-anak di “Music Fantasy” akan membimbing mereka ketingkat selanjutnya “Music Wonderland” dimana mereka sudah pernah mendapatkan pengalaman bermusik yang lebih luas. Yang penting adalah memberikan anak-anak pengalaman yang sesuai dengan masa pertumbuhan kemampuan tertentu.

source : http://yamahamusicindonesia.com/courses/music-fantasy/

Well di usia 3 tahun nanti Insha Allah Eiger akan lanjut ke Music Wonderland, Miss nya bilang anak akan mulai pegang/pencet piano dengan dua jari. Hmmm…kira-kira seperti apa ya udah ga sabar banget bundanya pengin cepet2 naik kelas, hehehe. Semoga Eiger sehat terus dan ga bolos-bolos sekolah musiknya, kira-kira bisa ga ya dia dengan sabar pencet tuts piano…We’ll See 🙂

Image

Image
photo taken by ayahnya eiger @purwoshop (dari luar kelas)
Image
semester 2 kelas musik, semua memukul gendang besar mengikuti irama musik 🙂
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s